Tuesday, July 24, 2018

√ Fungsi Enzim Tripsin Dalam Proses Pencernaan Protein

Tripsin ialah salah satu enzim protease yang berperan aktif dalam proses pencernaan protein di dalam tubuh. Enzim yang mempunyai kemampuan dalam menghidrolisis suatu protein menjadi ukuran lebih kecil ini, banyak ditemukan dalam sistem pencernaan mahluk hidup vertebrata, misalnya insan dan mamalia lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas wacana fungsi enzim tripsin dalam badan manusia, bagaimana cara kerja enzim ini dalam proses pencernaan protein, serta mengenai gosip lainnya seputar enzim protease satu ini. Silakan disimak!

Fungsi Enzim Tripsin

Dalam sistem pencernaan, keberadaan tripsin amatlah penting. Protein yang masuk ke dalam badan berukuran sangat besar, sehingga tidak bisa terserap eksklusif oleh lapisan usus halus. Disinilah fungsi enzim tripsin bekerja. Mereka menjadi katalisator dalam proses pencernaan protein. Mereka mengubah ukuran protein menjadi lebih kecil melalui beberapa tahapan proses.

Tripsin ialah salah satu enzim protease yang berperan aktif dalam proses pencernaan prote √ Fungsi Enzim Tripsin dalam Proses Pencernaan Protein

Produksi Enzim Tripsin

Sama menyerupai protease lainya, tripsin diproduksi di pankreas sebagai protease tripsinogen inaktif. Karena masih dalam keadaan inaktif, untuk bisa bekerja tripsin terlebih dahulu harus distimulasi. Stimulasi tersebut dilakukan oleh cholecystokinin. Zat tersebut akan merangsang zymogen inaktif tripsinogen keluar dan menuju ke dalam duodenum.

Setelah berada di duodenum, selanjutnya ialah kiprah dari enteropeptidase yang berfungsi memecah tripsinogen menjadi tripsin dengan pembelahan proteolitik. Sebenarnya katalis otomatis bisa terjadi dengan memakai tripsinogen sebagai subtratnya tanpa memerlukan mediator lainnya, namun kalau itu terus terjadi maka akan kerusakan fatal pada pankreas mungkin akan terjadi. Untuk itu, prosedur ini dibutuhkan untuk mencegah autodegradation dari pankreas.

Fungsi Enzim Tripsin dalam Proses Pencernaan

Secara sederhana fungsi enzim tripsin ialah untuk memecah protein menjadi ikatan peptida yang lebih sederhana sehingga sanggup diserap oleh usus halus dan sanggup masuk ke dalam pedoman darah. Enzim tripsin di dalam duodenum bekerja mengkatalisis dan menghidrolisis ikatan peptida dan menciptakan protein menjadi peptida yang lebih kecil. Produk peptida yang terbentuk akan dihidrolisis kembali oleh enzim protease lainya menjadi asam amino yang kemudian akan diserap oleh badan dan masuk ke pedoman darah.

Mekanisme Enzim Tripsin

Pada dasarnya, prosedur kerja dan sifat enzim tripsin sama dengan enzim protease lainya. Asam amino merupakan susunan terkecil dari protein yang terdiri dari tiga basa nitrogen yang bisa masuk ke dalam sistem peredaran darah manusia, sehingga protein kompleks yang telah dimakan oleh insan akan dirubah menjadi bentuk sederhana sebelum masuk ke dalam peredaran darah. Sel dalam badan akan menyusun ulang asam amino untuk disintesis menjadi protein kembali yang mendukung kebutuhan sel. Bersama dengan enzim pepsin, tripsin bekerja untuk membantu peresapan atas protein pada makanan di dalam lambung.

Manfaat Dan Kegunaan Enzim Tripsin

Dalam beberapa kajian, disebutkan bahwa selain berfungsi sebagai katalisator proses pencernaan protein, enzim tripsin juga sanggup dimanfaatkan sebagai vaksin meningitis. Enzim ini terdapat dalam jumlah banyak di dalam pankreas babi. Meskipun intinya babi merupakan binatang yang diharamkan dalam agama islam, namun dengan adanya teknologi masa kini, enzim tersebut tetap sanggup dipakai sebagai vaksin pengobatan para muslim, tentunya dengan melepaskan label haram yang dimilikinya.

Akibat Kekurangan Enzim Tripsin

Gangguan yang sering terjadi kalau kita kekurangan enzim tripsin ialah malapsorpsi (ganguan penyerapan). Malapsorsi sanggup dilihat dari tanda-tanda yang timbul menyerupai perut kembung, nafsu makan menjadi berkurang, dan juga diare. Kekurangan enzim dalam badan sendiri sanggup terjadi sebab beberapa hal, salah satunya ialah sebab acara enzim tripsin.

Zat Anti Tripsin

Kedelai ialah salah satu komoditas kacang-kacangan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Namun, di dalam kacang satu ini bekerjsama terdapat zat yang sanggup menghambat kinerja dari enzim tripsin. Zat tersebut dikenal dengan istilah zat anti tripsin.

Akibat masuknya zat anti tripsin ke dalam tubuh, kerja enzim tripsin dalam pankreas akan menjadi terhambat, sehingga minimbulkan pembengkakakan (hipertrofi) pada pankreas. Namun aktifitas dari anti tripsin ini sanggup dihilangkan. Cara perendaman disertai dengan pemanasan atau pengukusan diketahui sanggup menghilangkan kandungan zat anti tripsin dalam kedelai. Perlu diketahui bahwa selain dalam kedelai, zat anti tripsin juga sanggup dijumpai pada hampir semua jenis kacang-kacangan yang sering kita konsumsi, menyerupai kacang hijau dan kacang tanah.

Demikian ulasan singkat wacana fungsi enzim tripsin yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.ebiologi.net