Wednesday, July 4, 2018

√ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di Wordpress

5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress – Bagi yang sudah usang berkecimpung di WordPress terutama WordPress.org atau Self Hosted tentunya sudah tidak absurd lagi dengan sebutan ‘Plugin’. Lalu bahwasanya apa sih Plugin itu? Plugin ialah aplikasi yang ditanam kedalam aplikasi lain yang kapasitasnya lebih besar dari plugin itu sendiri. Tujuan utama diciptakan plugin ialah untuk meningkatkan fungsi yang lebih dari aplikasi induknya. Dengan begitu plugin WordPress ialah aplikasi untuk lebih memaksimalkan fungsionalitas yang tidak ditemukan pada aplikasi WordPress standar.


Baca Juga : 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress


Keberadaan plugin bagi seorang webmaster terutama WordPresser wajib diketahui. Plugin WordPress merupakan kegiatan pemanis yang merupakan seperangkat kegiatan aplikasi berisi script bahasa PHP. Plugin WordPress bisa diintegrasikan dengan WordPress demi meningkatkan lagi fungsi tertentu yang belum tersedia pada WordPress standar.


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


CMS WordPress memang powerfull sehingga tidak heran kalau webmaster di dunia banyak yang memakai WordPress sebagai CMS website atau blog. WordPress banyak peminatnya lantaran memungkinkan webmaster untuk memasang plugin didalamnya. Dengan plugin maka webmaster bisa menciptakan pemanis kemampuan yang diadaptasi dengan kebutuhan.


Berikut 5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress


Meskipun aneka macam plugin WordPress baik yang gratis ataupun berbayar, namun tentunya tidak semua plugin wajib kita install. Menggunakan plugin memang akan meningkatkan kinerja blog, tetapi kalau plugin yang terpasang berlebihan malah akan berakibat jelek pada WordPress. Banyaknya plugin yang terpasang akan menjadikan blog lebih lambat saat diakses dan space hosting akan cepat penuh.


Install plugin WordPress secara bijak atau sesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika fitur tertentu bisa kita buat secara manual atau tanpa plugin, maka sebaiknya lebih menentukan itu. Hal-hal kecil untuk mengaplikasikannya jangan selalu mengandalkan plugin.


Lalu plugin apa saja yang sekirannya penting untuk dipasang di WordPress? Sebetulnya tidak banyak plugin yang wajib kita install demi untuk meningkatkan fungsionalitas WordPress. Disini saya cukup memakai 5 plugin saja.


1. Akismet


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


Blog bijak ialah membuka pengaturan komentar semoga pengunjung bisa berinteraksi dengan admin atau dengan pengunjung lainnya. Banyak manfaat yang akan didapat kalau mengaktifkan pengaturan komentar. Terkadang dari komentar ini admin blog akan memperoleh pemanis ilmu dari pengunjung untuk melengkapi artikel yang dikomentari.


Meskipun kotak komentar banyak manfaatnya namun tidak terlepas dari kerugiannya juga. Terkadang pengunjung blog suka iseng dengan komentar jenis ‘spam’. Jika ini dibiarkan tentunya akan menciptakan tidak nyaman admin dan juga pengunjung lainnya.


Selain bisa mengatur komentar dengan sistem moderasi, urusan komentar spam kita serahkan kepada plugin Akismet. Plugin Akismet ialah plugin gratis WordPress yang fungsinya untuk memfilter komentar. Akismet akan bekerja otomatis memisahkan komentar yang layak ditampilkan atau tidak. Bahkan kalau diindikasi komentar berbahaya maka Akismet akan menghapus otomatis (auto delete) komentar.


Melihat fungsinya yang sangat bermanfaat terutama bagi WordPress yang mengaktifkan komentar maka Akismet termasuk plugin yang wajib kita install. Tidak sulit untuk menginstall plugin Akismet lantaran tidak banyak pengaturan yang harus kita tentukan.


Baca Juga : Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru


2. WordPress SEO by Yoast


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


Khusus untuk blog WordPress jenis komersial atau promosional maka wajib hukumnya untuk menginstall plugin SEO by Yoast. Khusus untuk blog langsung atau bagi Anda yang tidak mau dipusingkan dengan urusan SEO, maka tidak perlu install plugin ini.


Plugin WordPress SEO by Yoast ialah plugin untuk menangani SEO blog semoga blog bisa bersaing di mesin pencari. Tugas plugin ini ialah mengurus blog yang hubungannya dengan SEO. Dengan begitu blog Anda akan memperoleh pengunjung yang bersumber dari mesin pencari.


Jika blog WordPress memakai plugin SEO by Yoast maka Anda tidak perlu repot-repot untuk blogwalking, iklan di Facebook, di Forum dan sebagainya. Karena nanti juga pengunjung akan berdatangan sendiri lantaran sudah menemukan blog Anda di mesin pencari menyerupai Google.


Sudah banyak webmaster di dunia yang mengandalkan duduk perkara SEO kepada plugin Yoast. Fitur SEO yang terdapat di plugin ini cukup lengkap. Bahkan plugin SEO buatan Yoast ini bisa mengintegrasikan blog ke sosial media menyerupai Facebook, Twitter, dan sebagainya. Plugin ini mempunyai XML Sitemap sehingga kita tidak perlu lagi menginstall plugin Sitemap XML. Kemudian kita bisa menciptakan breadcrumb hanya mengandalkan plugin WordPress SEO by Yoast.


Baca Juga : Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast


3. WP Super Cache


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


Salah satu penyebab blog disukai pengunjung dan mesin pencari ialah loadingnya cepat saat diakses. Banyak cara untuk menciptakan loading blog maksimal salah satu diantaranya ialah dengan memakai plugin WP Super Cache. Sistem kerja plugin ini ialah untuk melaksanakan caching secara statis. Plugin WP Super Cache akan menghasilkan file html yang didapat dari Apache tanpa harus mengolah script PHP dulu. Maka oleh lantaran itu WP Super Cache sifatnya tidak akan memberatkan blog.


Blog WordPress Anda akan cepat saat diakses secara signifikan. WP Super Cache banyak dipakai oleh webmaster terkenal di dunia. Dalam menghasilkan file cache, plugin ini mengatakan dua metode yaitu Mod_rewrite dan PHP. Anda jangan khawatir lagi dengan kebanjiran pengunjung. Karena biasanya kalau trafik naik maka kanal blog akan lambat. Namun duduk perkara tersebut akan teratasi dengan memakai plugin SP Super Cache.


Baca Juga : Cara Mempercepat Loading WordPress Hingga 300 Kali Lipat Dengan Litespeed Cache


4. Contact Form 7


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


Agar tercipta interaksi yang baik antara pengunjung dan admin selain kotak komentar ialah tersedianya halaman kontak. Karena terkadang pengunjung blog ingin menghubungi admin secara pribadi. Pengunjung bisa menghubungi admin melalui halaman kontak terkait pertanyaan lebih lanjut. Nah untuk memenuhi itu semua maka diwajibkan juga Anda menciptakan halaman khusus untuk kontak.


Meskipun halaman kontak bisa kita buat tanpa plugin, namun tidak ada salahnya untuk memakai plugin. Plugin kontak yang saya rekomendasikan ialah plugin Contact Form 7. Plugin ini tidak mengecewakan terkenal juga lantaran banyak dipakai oleh webmaster terkenal di dunia. Contact Form 7 tidak terlalu memberatkan loading blog.


Dengan adanya halaman kontak khusus maka pengunjung bisa berkomunikasi dengan admin. Pengunjung blog tidak perlu repot-repot mengirim email, SMS, telepon admin. Pengunjung cukup mengirim pesan yang disediakan di halaman kontak.


Sebetulnya plugin Contact Form 7 tidak hanya untuk menciptakan Form Kontak saja. Segala keperluan yang hubungannya dengan Form maka kita bisa memanfaatkan plugin Contact Form 7. Sebagai referensi halaman Guest Post dan Order Iklan blog ini, itu formnya memakai plugin Contact Form 7.


Baca Juga : Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress


5. WP Smush


 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress √ Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress


Ini ialah plugin terakhir yang wajib Anda install di WordPress yaitu plugin WP Smush. Plugin ini sangat cocok blog yang berisi konten tutorial. Biasanya blog tutorial akan sering mengunggah gambar untuk menunjang artikelnya semoga gampang dipahami pembaca.


Seperti yang sudah kita tahu kalau terlalu sering menggungah gambar maka akan beresiko space hosting akan cepat penuh, apalagi kalau spacenya pas-pasan. Selain itu kalau resolusi gambar tinggi biasanya akan berimbas terhadap loading blog juga. Untuk itu solusinya selain selalu melaksanakan resize gambar sebelum diunggah, silakan gunakan juga plugin WP Smush.


Plugin WP Smush ialah plugin untuk mengkompress setiap gambar yang kita unggah secara otomatis. Selain gratis plugin WP Smush bisa mengkompress gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Artinya gambar tetap terang terlihat meski sudah dikompress.


Banyak manfaatnya kalau gambar yang kita unggah dikompress dulu. Hal ini akan lebih menghemat bandwith serta akan menciptakan nyaman pengunjung lantaran blog tidak lambat. Menggunakan plugin WP Smush bisa mengkompress gambar hingga 90% tanpa mengubah kualitas gambar itu sendiri.


Baca Juga : Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it


Ok mungkin hanya itu saja pembahasan ihwal 5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress. Selebihnya silakan Anda sesuaikan saja sendiri dengan kebutuhan atau dengan topik blog Anda. Plugin diatas bisa saja tidak wajib hukumnya kalau memang tidak Anda perlukan. Seperti plugin WordPress SEO by Yoast bisa tidak wajib kalau blog bukan untuk di index di mesin pencari.


Semoga artikel ini ada manfaatnya dan hingga bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sederhana ini.



Sumber http://info-menarik.nett