Tuesday, December 11, 2018

√ Apa Itu Dna Sirkuler?

DNA sirkuler yaitu salah satu susunan konformasi dari DNA di mana beliau mencapai struktur tertutup. DNA sirkular tidak mempunyai ujung yang berbeda. DNA sirkuler ditemukan di hampir semua prokariota dengan beberapa pengecualian, di mitokondria dan kloroplas dari eukariota dan plasmid. DNA sirkuler terletak di sitoplasma sel prokariota. DNA sirkuler sanggup eksis dalam banyak sekali bentuk termasuk bentuk superkoil dan bentuk DNA sirkuler sobek. Ketika DNA sirkuler diisolasi dan dipisahkan oleh elektroforesis gel agarosa, banyak sekali bentuk DNA sirkuler sanggup mengatakan sifat migrasi yang berbeda pada gel.


DNA plasmid juga disebut sebagai DNA sirkuler ekstrachromosomal yang ada di beberapa mikroorganisme telah terbukti mempunyai manfaat besar di bidang biologi molekuler dan rekayasa genetika. Plasmid disintesis secara komersial dan dipakai sebagai vektor dalam kloning molekuler. Beberapa pola vektor plasmid yaitu pBR322, pUC18.


Replikasi DNA sirkular sangat bervariasi dibandingkan dengan DNA linier. Selama proses replikasi, hanya satu asal replikasi hadir, dan alasannya yaitu sifatnya yang melingkar, replikasi sanggup berlangsung secara searah dengan pembentukan garpu replikasi tunggal.



Sumber https://infoana.comm