Monday, December 17, 2018

√ Ciri Utama Kingdom Plantae

Plantae ialah kingdom yang terdiri dari eukariota multiseluler yang melaksanakan fotosintesis. Bahasa sehari-hari, kata “tumbuhan” umumnya mengacu pada tumbuhan hijau, darat, berdaun, menyerupai pohon, bunga, semak-semak, gulma, dll. Jenis flora ini disebut embryophyta dan bekerjsama merupakan subklasifikasi dari kingdom Plantae. Kingdom Plantae ialah kelompok yang lebih besar dan terdiri dari semua tumbuhan darat hijau, tumbuhan air, dan beberapa spesies ganggang. Istilah “tumbuhan” dalam biologi sanggup merujuk pada semua jenis organisme ini.


Secara historis, semua makhluk hidup ditetapkan sebagai tumbuhan atau hewan. Karena itu, untuk waktu yang lama, Plantae memasukkan organisme yang bukan tanaman, menyerupai jamur, protista, dan bakteri. Saat ini, para jago biologi telah memisahkan tumbuhan sejati dari organisme yang hanya disebut plantae.


Kingdom plantae mempunyai ciri utama yaitu mereka sanggup mensintesis makanan mereka sendiri dari karbon dioksida atmosfer memakai energi yang berasal dari sinar matahari. Selain itu, plantae mempunyai struktur sel yang unik di antara eukariota dan mempunyai organel khusus yang disebut kloroplas.


Ciri utama kingdom plantae yaitu:



  • Dinding sel kaku terbuat dari pektin dan selulosa

  • Vakuola sentral besar

  • Sel mengandung kloroplas dan klorofil

  • Mampu melaksanakan fotosintesis

  • Daun-daun hijau

  • Mengandung biji

  • Mampu melaksanakan reproduksi secual

  • Dua fase kehidupan: gametofit dan sporofit


Karakteristik ini tidak lengkap atau perlu. Beberapa flora mempunyai sebagian besar sifat-sifat ini dan yang lain mungkin hanya mempunyai sedikit. Beberapa tumbuhan mempunyai karakteristik yang lebih umum terlihat pada hewan. Sebagai contoh, beberapa spesies kayu aps bersifat benalu dan tidak berfotosintesis. Sebaliknya, mereka menghisap nutrisi dari tumbuhan lain, menyerupai vampir vegetatif. Apa yang mengakibatkan sesuatu tumbuhan tidak harus sifat yang dimilikinya, tetapi garis keturunan evolusionernya.


Bukti paling awal perihal flora darat sanggup ditelusuri kembali pada 470 juta tahun yang lalu, meskipun ada kemungkinan bahwa tumbuhan menyerupai ganggang di lautan bumi muncul lebih dari 1 miliar tahun yang lalu. Karena sejarah evolusi yang begitu panjang, tumbuhan ialah kelompok organisme yang sangat bermacam-macam yang telah membuatkan sejumlah morfologi dan taktik bertahan hidup yang berbeda. Saat ini, ada lebih dari 390.000 spesies tumbuhan yang dikenal, meskipun ada banyak spesies yang belum ditemukan.



Sumber https://infoana.comm