Tuesday, February 27, 2018

√ Menciptakan Halaman Contact Form Blogger Dengan Google Formulir

Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir √ Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir

Dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara menciptakan halaman contact form di blogger tetapi dengan memakai fitur Google Drive. Mungkin sebelumnya sahabat pernah memakai contact form yang disediakan oleh blogger. Sebelum itu, kita perlu nanya, apa sih itu halaman contact form?

Halaman contact form merupakan sebuah halaman formulir pengisian yang sanggup dipakai oleh pengunjung sebagai sarana berkomunikasi pribadi kepada pemilik/penulis blog untuk memberikan pesan tertentu tanpa melalui kolom komentar halaman postingan.

Namun beberapa kasus yang mungkin terjadi yaitu fitur contact form yang terpasang tidak sanggup berfungsi dengan baik, oleh sebab itu saya akan memberi solusi kepada sahabat lain yang mungkin mengalami problem yang sama.

Membuat Google Formulir

Secara umum halaman form kontak terlihat ibarat halaman kontak ini. Sedangkan halaman form kontak yang memakai Google Drive sanggup anda lihat pada halaman Demo. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Google Drive kemudian login dengan akun anda
  2. Buatlah sebuah Google Formulir dengan menekan tombol Tambah (+) kemudian pilih Google Formulir.
  3. Isi kepingan judul formulir (ganti Formulir tanpa judul) dengan Contact Us atau Hubungi Kami
  4. Isi kepingan deskripsi dengan keterangan yang anda inginkan, misalnya, Halaman ini merupakan halaman kontak untuk menghubungi admin
  5. Pada kepingan pertanyaan yang pertama muncul ketika anda menciptakan formulir, ganti jenis pertanyaan dari Pilihan ganda menjadi Jawaban singkat. Lalu isikan judul pertanyaan dengan "Nama"
  6. Tambahkan deskripsi untuk pertanyaan pertama dengan menekan tombol "titik tiga" yang ada di sudut kanan bawah kotak pertanyaan tersebut, kemudian pilih Deskripsi. Masukkan deskripsi "Isi dengan nama lengkap anda"
  7. Aktifkan kepingan Wajib diisi untuk nama
  8. Tekan tombol + yang ada di kepingan sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru
  9. Isikan judul pertanyaan dengan "Alamat Email" kemudian ganti tipe pertanyaan kedua dari Pilihan ganda menjadi Jawaban singkat
  10. Jika muncul teks Saran: Aktifkan setelan pengumpulan email, maka JANGAN KLIK link tersebut! Pada kepingan kanan bawah tekan tombol "titik tiga" kemudian pilih validasi respons. Pilih jenis validasi dengan Teks kemudian isian dengan Alamat email, teks kesalahan khusus sanggup anda isi dengan "Harap masukkan alamat email yang benar"
  11. Tambahkan deskripsi ibarat langkah nomor 6 untuk pertanyaan alamat email, dengan deskripsi "Masukkan alamat email yang sanggup dihubungi"
  12. Aktifkan kepingan Wajib diisi untuk alamat email
  13. Tekan tombol + yang ada di kepingan sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru
  14. Isikan judul pertanyaan dengan "Pesan" kemudian ganti tipe pertanyaan dari Pilihan ganda menjadi Paragraf
  15. Tambahkan deskripsi dengan cara yang sama ibarat langkah 6 untuk pertanyaan pesan, dengan deskripsi "Masukkan pesan yang ingin anda sampaikan"
  16. Pertanyaan pesan sanggup anda aktifkan Wajib diisi atau tidak, tergantung dari anda tapi dalam hal ini saya sarankan tidak perlu diaktifkan (sebagai formalitas bahwa pengunjung sanggup mengirimkan pesan kosong)

Setelah mengikuti langkah di atas, anda akan mendapat tampilan Google Formulir yang kurang lebih sama ibarat ini:

Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir √ Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir

Selanjutnya anda sanggup mengatur tampilan dari Google Formulir yang anda buat sesuai keinginan. Yaitu dengan menekan tombol bersimbol pelet warna di kepingan kanan atas. Lalu tentukan warna yang anda sukai. Saya sarankan sebaiknya tidak perlu memakai gambar untuk header, sebab dengan ukuran tertentu gambar tersebut tidak akan terlihat.

Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir √ Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir

Membuat Halaman Contact Form

Setelah desain formulir telah final dibentuk dengan memakai Google Formulir dari Google Drive. Tekan tombol KIRIM yang ada di kepingan kanan atas. Lalu pada pop up Kirim formulir, tekan simbol <> dan tekan tombol SALIN. Anda sanggup menyesuaikan ukuran lebar dan tingginya nanti sesudah melihat balasannya di halaman blog anda.

Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir √ Membuat Halaman Contact Form Blogger dengan Google Formulir

Selanjutnya anda akan memasang formulir tersebut di halaman blog milik anda. Untuk memasangnya anda perlu menciptakan sebuah halaman statis, di halaman admin Blogger buka kepingan Halaman kemudian klik Halaman baru.

Isi judul halaman sesuai harapan anda, contohnya "Halaman Kontak". Lalu ganti mode penulisan dari Compose menjadi HTML dengan menekan tombol yang berada di kepingan kiri atas di bawah nama blog anda. Setelah itu masukan isyarat yang telah anda salin dari Google Formulir tadi. Setelah itu pribadi tekan tombol Publikasikan untuk melihat balasannya di halaman blog anda.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang sanggup anda gunakan untuk menciptakan halaman formulir kontak dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di Google Drive, yaitu Google Formulir. Selain itu dengan memakai Google Formulir anda sanggup melihat hasil respon atau pesan yang dikirim melalui file Spreadsheet yang dibentuk pada direktori Google Drive yang sama dengan formulir yang anda buat tadi.

Semoga cara di atas sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk memperlihatkan komentar terbaik anda. Sampai jumpa!
Sumber http://www.maringngerrang.com/