“Pengetahuan Produk dan Keterlibatan Konsumen”
TUGAS PAPER MODUL 4
Tugas aktivitas belajar
1. Deskripsikan salah satu produk yang biasa anda gunakan menurut tingkatan pengetahuan produk !
Pengetahuan produk yakni kumpulan banyak sekali macam isu mengenai produk. Pengetahuan ini mencakup kategori produk, merek, terminology produk, fitur produk, harga produk dan kepercayaan konsumen terhadap produk. Konsumen mempunyai tingkatan pengetahuan produk yang berbeda yang sanggup dipergunakan untuk menerjemahkan isu gres dan menciptakan pilihan pembelian. Tingkatan pengetahuan produk dibuat ketika seseorang mengkombinasikan beberapa konsep arti ke dalam kategori pengetahuan yang lebih besar dan lebih abstrak. Konsumen sanggup mempunyai tiga jenis pengetahuan produk yaitu : (1) pengetahuan perihal ciri/ huruf produk/atribut produk (2) pengetahuan perihal konsekuensi/manfaat produk (3) pengetahuan perihal nilai yang akan dipuaskan atau dicapai oleh produk.
Contoh pada kaos T-shirt VOLCOM
T-shirt VOLCOM mempunyai perangkat ciri yaitu materi dari katun pilihan yang dibuat orisinil di Amerika, bentuk T-shirt yang pas dengan tubuh, harga yang cukup terjangkau untuk barang import sekitar 250.000 rupiah. Desain dan model gambar sablon yang sangat menarik dan mempunyai spesifikasi yang hanya dimiliki oleh brand VOLCOM.
Perangkat manfaat dari T-Shirt VOLCOM antara lain yakni tahan usang dan warna yang tidak gampang pudar walaupun sudah usang digunakan sebab terbuat dari materi pilihan. Membuat badan merasa nyaman sebab bisa menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat. Tidak menciptakan rasa gatal pada badan sebab mempunyai teknologi anti bacteria pada bahannya.
Sedangkan perangkat kepuasan dari T- Shirt VOLCOM yakni menambah kepercayaan diri pengguna sebab brand VOLCOM mempunyai desain yang menarik dan merupakan barang import. Membuat badan segar sebab keringat dan kuman berkurang.
2. Jelaskan secara rinci produk yang anda gunakan ( soal 1) dengan memakai rantai arti-akhir.
CIRI |
KONSEKUENSI |
NILAI |
Ciri nyata |
Ciri abstrak |
Konsekuensi fungsional |
Konsekuensi psikososial |
Nilai instrumen |
Nilai terminal |
I. Ciri kasatmata yaitu perwakilan kognitif karakteristik fisik produk, sanggup eksklusif diterima dan nyata. Contohnya yakni harga dan materi katun dari T- Shirt VOLCOM.
II. Ciri abnormal yaitu abnormal yang mewakili beberapa ciri kasatmata lainnya, subjektif dan tidak sanggup diukur langsung. Contohnya yakni T-Shirt VOLCOM merupakan barang import.
III. Konsekuensi fungsional yaitu konsekuensi kasatmata dan eksklusif dari penggunaan produk. Contohnya yakni T-Shirt VOLCOM nyaman digunakan sebab menyerap keringat dan anti bacteria
IV. Konsekuensi psikososial yaitu konsekuensi psikologis dan social atau bagaimana orang lain memandang saya dari penggunaan produk. Contohnya orang memandang saya berbeda dan menciptakan lebih percaya diri di daerah umum sebab memakai T-Shirt VOLCOM.
V. Nilai instrumental yaitu model sikap yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang abstrak. Contohnya menjadi sentra perhatian sebab T-Shirt VOLCOM mempunyai warna dan desain yang menarik.
VI. Nilai terminal yaitu status simpulan yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang sangat abstrak. Contohnya yakni harga diri sebab pengguna T-shirt VOLCOM merupakan cerminan dari mode fashion jaman sekarang.
3. Jelaskan pula relasi produk yang anda uraikan diatas dengan taktik pemasaran yang perlu dikembangkan.
Hubungan produk T-shirt VOLCOM mempunyai keterlibatan konsumen yang tinggi dan pengetahuan produk yang tinggi. Keterlibatan konsumen tinggi sebab T-Shirt VOLCOM mempunyai konsekuensi relevan yang sangat dirasakan menyerupai jawaban imbas yang lebih besar lengan berkuasa layaknya emosi. Keterlibatan yakni status motivasi yang menggerakkan serta mengarahkan proses kognitif dan sikap pada dikala mereka menciptakan keputusan. Pengetahuan produk yang tinggi diakarenakan pengetahuan perihal kategori, merek, fitur, harga dan kepercayaan konsumen akan T-Shirt VOLCOM juga tinggi. Hal tersebut dikarenakan VOLCOM yakni T-Shirt yang telah dikenal di seluruh dunia. Hampir seluruh Negara di dunia ini mengimpor T-Shirt VOLCOM dari Amerika.
Strategi pemasaran yang perlu dikembangkan yakni menciptakan T-Shirt VOLCOM dengan label limited edition atau T-Shirt dengan desain khusus yang hanya tersedia beberapa potong tertentu, menyerupai hanya ada 1000 di seluruh dunia. T-Shirt yang diberi nomor tersebut mungkin akan menstimulus konsumen terutama yang mempunyai keterlibatan dan pengetahuan produk yang tinggi terhadap T-Shirt VOLCOM, untuk mendapat dan mengoptimalkan kepuasan nilai yang diinginkan. Strategi pemasaran yang lain yakni dengan menciptakan situs web VOLCOM biar konsumen di seluruh dunia ini sanggup melihat catalog produk dan bisa bertransaksi eksklusif atau berbelanja secara online tanpa harus tiba ke store-store ataupun outlet-outlet VOLCOM yang masih jarang dijumpai selain dikota-kota besar di Indonesia.
Sumber http://kickfahmi.blogspot.com