Tuesday, July 3, 2018

√ Apa Ciri-Ciri Binatang Vertebrata?

Ciri khusus dari kelompok binatang vertebrata yakni mereka mempunyai vertebra. Umumnya dikenal sebagai tulang belakang, ini yakni tipe tulang yang sangat khusus yang bergabung bersama untuk membentuk tulang punggung. Fungsinya untuk melindungi dan menopang sumsum tulang belakang dan menghubungkannya ke sistem saraf. Hewan-hewan ini dibedakan oleh simetri bilateral mereka, dan fakta bahwa mereka mempunyai tengkorak untuk melindungi otak mereka.


Tubuh binatang vertebrata dibagi menjadi kepala, batang dan anggota tubuh, sementara beberapa spesies juga mempunyai ekor. Ciri penting lainnya yakni vertebrata mempunyai jenis kelamin yang berbeda. Ada sekitar 62.000 spesies binatang yang termasuk dalam kelompok ini, jadi kami mempunyai bermacam-macam untuk menentukan pola kami.


Salah satu cara penting untuk membedakan antara vertebrata dan invertebrata yakni kerangka mereka. Vertebrata akan mempunyai semacam endoskeleton. Ini berarti kerangka yang ada di bab dalam tubuh, baik di bawah kulit atau lebih jauh di bawah jaringan. Kerangka ini tidak selalu terbuat dari tulang. Beberapa ikan dan binatang laut, misalnya, umumnya mempunyai tulang rawan untuk menopang kerangka mereka.


Seekor ikan, yang dikenal sebagai hagfish, mempunyai beberapa perdebatan ihwal apakah mereka vertebrata. Meskipun mereka mempunyai tengkorak (kranium), mereka bahu-membahu tidak mempunyai tulang belakang. Sebaliknya mereka mempunyai nontokorda, ibarat dengan vertebra di mana dia berjalan sepanjang badan mereka, tetapi yang jauh lebih fleksibel dan kenyal. Ini memungkinkan mereka melengkung dengan mudah.


Ciri khusus dari kelompok binatang vertebrata yakni mereka mempunyai vertebra √ Apa ciri-ciri binatang Vertebrata?
vertebrata

Namun, ada vertebrata yang juga mempunyai bab kerangka mereka di bab luar (eksoskeleton). Hewan-hewan ini ibarat kura-kura yang mempunyai tulang di dalam tubuhnya, tetapi juga mempunyai cangkang keras yang dipakai untuk perlindungan. Bahkan, diyakini bahwa karapas (cangkang kura-kura) murni berasal dari tulang rusuk endoskeletal. Reptil lain mempunyai sisik besar di bab luar kulitnya yang dipakai untuk perlindungan.


Vertebra sangat penting dalam sistem saraf sentra vertebrata. Sistem ini mengirimkan sinyal ke atas dan ke bawah tulang belakang untuk memberikan pesan ihwal gerakan, rasa sakit atau respons fisik apa pun yang mungkin diharapkan tubuh. Jika tulang belakang rusak, maka sinyal-sinyal ini mungkin tidak sanggup mentransmisikan, menyebabkan ketidakmampuan.


Mengelompokkan binatang apa pun, baik vertebrata atau invertebrata, membutuhkan organisasi taksonomi yang sangat rumit. Taksonomi (pengelompokan) kerajaan binatang dimulai dengan semua organisme hidup, dibagi lagi menjadi beberapa bab dari kelompok besar menjadi spesies individu. Satu tahap dalam subdivisi ini yakni filum yang sanggup secara longgar digambarkan sebagai dikelompokkan sesuai dengan struktur tubuh. Apakah binatang mempunyai tulang punggung atau tidak yakni aspek yang sangat penting alasannya yakni mempengaruhi begitu banyak aspek dari bagaimana mereka hidup.



Sumber https://infoana.comm