Tuesday, December 11, 2018

√ Struktur Mikrotubulus

Mikrotubulus yaitu tubulus sitoplasma yang berfungsi sebagai komponen struktural sitoskeleton, silia, dan flagela eukariotik. Pada eukariota, mikrotubulus tersusun atas polimer dari dimer alfa dan beta-tubulin. Mikrotubulus adalah struktur tubular (yaitu tabung berlubang) dengan diameter 25 nm, panjang mulai dari 200 nm sampai 25 μm, dan ketebalan dinding 5 nm. Ruang hampa di dalam mikrotubulus disebut sebagai lumen. Karena mikrotubulus terdiri dari dimer α- / β-tubulin, ia menunjukkan polaritas alasannya satu ujungnya dapat α-tubulin (- ujung) dan ujung lainnya, β-tubulin (+ ujung).


Mikrotubulus diatur oleh sentra pengorganisasian mikrotubulus (mis. sentriol dan tubuh basal). Mirip dengan sitoskelet utama lainnya, mikrotubulus mempunyai protein yang terikat padanya. Contoh protein yang berikatan dengan mikrotubulus yaitu protein motor (mis. Kinesin dan dinein), protein terputus (mis. Katanin), dan protein pengatur lainnya.


 yang berfungsi sebagai komponen struktural sitoskeleton √ Struktur mikrotubulus
Struktur Mikrotubulus

Mikrotubulus yaitu tubulus sitoplasma yang berfungsi sebagai komponen struktural sitoskeleton, silia, dan flagela eukariotik. Fungsi mereka terkait dengan menyediakan bentuk intraseluler, penggerak, dan transportasi. Khususnya dalam pembelahan sel, mikrotubulus yaitu sumber serat gelendong. Mereka menimbulkan aparatus gelendong yang memainkan tugas penting dalam memindahkan dan memisahkan kromosom selama pembelahan sel. Mikrotubulus juga terlibat dalam pergerakan intraseluler organel, vesikula sekretorik, dan struktur sitoplasma lainnya.


Mikrotubulus mempunyai tugas struktural utama dalam silia eukariotik dan flagela. Cilia dan flagella selalu meluas eksklusif dari MTOC, dalam hal ini disebut tubuh basal. Aksi protein motor dinein pada aneka macam helai mikrotubulus yang berjalan di sepanjang cilium atau flagel memungkinkan organel untuk menekuk dan menghasilkan kekuatan untuk berenang, memindahkan materi ekstraseluler, dan tugas lainnya.



Sumber https://infoana.comm